twitter twitterfacebookgoogle plusemail

Kamis, 04 September 2014

Pendaftaran CPNS Kalbar mulai buka tgl 8 Sept 2014

http://www.pontianakpost.com/metropolis/17354-pendaftaran-cpns-di-kalbar.html)

PONTIANAK - Pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil tingkat provinsi maupun kabupaten kota di Kalbar dibuka serentak pada Senin (8/9/2014). Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalbar, Kartius mengatakan jatah kuota penerimaan CPNS di Kalbar sebanyak 1.500 formasi. “Dibuka Senin (8/9) karena saat ini sedang menunggu Landak yang Kamis (hari ini) mengambil formasi di Kemenpan,” ungkap Kartius seusai membuka Rakor Teknis Bidang Kepegawaian Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2014, Rabu (3/9) di Grand Mahkota Pontianak.
Ia menuturkan sebanyak 1.500 formasi ini tersebar di provinsi maupun kabupaten kota. Terbanyak di Pemerintah Provinsi Kalbar, yakni sebanyak 159 formasi. Setelah Provinsi Kalbar, formasi terbanyak berada di Kayong utara sebanyak 152 formasi, Sekadau 121 formasi, Ketapang 113 formasi, Kapuas Hulu 106 formasi, Kubu Raya 103 formasi, dan Melawi 101 formasi. Sedangkan kabupaten lainnya mendapatkan jatah kurang dari 100 formasi, yakni Kota Pontianak 81 formasi, Kabupaten Pontianak 81 formasi, Singkawang 63 formasi, Sambas 56 formasi, Bengkayang 90 formasi, Landak 94 formasi, Sanggau 81 formasi, dan Sintang 99 formasi. 

Menurut Kartius, seluruh kabupaten kota telah siap memfasilitasi pelaksanaan tes penerimaan CPNS. Lokasi tes sudah ditinjau Badan Kepegawaian Negara dan dinyatakan layak. “Pendaftarannya online langsung ke panselnas. Setelah itu baru membawa berkas (ijazah asli dan KTP) ke BKD untuk melihat keasliannya,” katanya. Di lingkungan Pemprov Kalbar, rencananya tes penerimaan CPNS dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dilaksanakan di di STMIK di Jalan HOS Cokroaminoto. Kapasitas komputer di sana 100 unit, sehingga diperkirakan dalam sehari ada 500 orang yang bisa melaksanakan tes. “Lokasi tes sudah dicek langsung oleh panitia pusat. Kami hanya memfasilitasi saja. Soal antara satu peserta dengan peserta lainnya berbeda. Informasinya ada 30 ribu soal di bank soal,” ungkapnya.

Penerimaan CPNS tahun ini menggunakan sistem passing grade. Kartius menyatakan sistem ini sempat dikritik Pemprov Kalbar dan mengusulkan agar tidak diterapkan di Kalbar. Tetapi usulan ini ditolak. Kementerian PAN dan RB tetap menerapkannya. “Jadi kalau tidak ada peserta yang sesuai passing grade, berarti yang lulus pada formasi tersebut dianggap nol. Ini merugikan daerah,” katanya. Kartius meminta seluruh masyarakat Kalbar tidak percaya terhadap calo yang mengaku dapat meluluskan menjadi CPNS dengan imbalan tertentu.
“Tidak ada istilah dekat dengan gubernur, wagub, atau sekda. Yang bisa menolong meluluskan adalah diri sendiri dan berdoa kepada Tuhan,” ujar mantan Asistenn III Setda


Provinsi Kalbar ini. (uni)  Formasi CPNS di Kalbar 2014 
* Total            : 1.500 formasi
* Rincian:
- Pemprov Kalbar        : 159 formasi
- Kota Pontianak        : 81 formasi
- Kab. Pontianak        : 81 formasi
- Singkawang        : 63 formasi
- Sambas            : 56 formasi
- Bengkayang        : 90 formasi
- Landak            : 94 formasi
- Sanggau            : 81 formasi
- Sekadau            : 121 formasi
- Sintang            : 99 formasi
- Melawi            : 101 formasi
- Ketapang            : 113 formasi
- Kayong Utara        : 152 formasi
- Kubu Raya            : 103 formasi
- Kapuas Hulu        : 106 formasi

Sumber: BKD Provinsi Kalbar

                                                              

2 komentar :

Berkomentarlah dengan baik